Home

PTA PRAMUKA

SEPUTAR SMANJU
Hufft …. PTA
Kegiatan PTA Smanju 2010 / 2011 dilaksanakan pada tanggal 7 – 8 Agustus 2010 di SMA N 1 Juwana. Dalam PTA kali ini disertai pula pelantikan calon bantara periode 2010 / 2011. Semua peserta PTA dan calon bantara diharapkan hadir di sekolah pukul 13.00 WIB untuk persiapan. PTA Tahun ini kurang menarik bagi kami karena kami tidak dapat bermalam di tenda. Melainkan bermalam di kelas-kelas. Kami dibagi dalam 10 kelas, 1 kelas terdiri dari 3 – 4  sangga. Sedangkan kakak-kakak calon Bantara bermalam di dua ruang kelas lainnya bersama kakak-kakak bantara yang lain. Setelah pembagian kelas. Apel pembukaan pun dilaksanakan.
Apel barlangsung sangat khitmad dan tenang. Pembina Apel pada sore hari itu adalah Drs. Sumaryo, M.Pd. (selaku Ka Mabigus).  Dalam sambutannya, beliau memberikan petuah-petuah kepada peserta PTA. Dengan pecahnya kendi, maka dibukalah kegiatan PTA yang akan dilaksanakan selama 2 hari. Pembukaan dilanjutkan dengan menyematkan atribut yang telah dipersiapkan , dengan diiringi tepuk riuh para peserta.
Setelah istirahat terdengarlah, peluit sebagai bertanda bahwa kami harus segera berkumpul di lapangan. Kami pun berbondong-bondong menuju lapangan. Acara kali ini adalah ramah tamah dengan pembina pramuka SMA N 1 Juwana, Kak Nur. Di sini Kak Nur memberikan pretest kepada kami. Setiap sangga disodori kertas yang berisi beberapa kata tiap nomornya. Tugas kami adalah menyusun kata-kata tersebut menjadi sebuah cerita yang selaras dan runtut. Selesai pretest, peserta PTA bercanda agar sore yang cerah itu tidak ternodai oleh kesuraman.
Setelah peserta  melakukan isoma, peluit kembali berbunyi. Para peserta PTA segera menuju lapangan. Sebenarnya tidak begitu tau acara apa sekarang. Ternyata ada acara api unggun malam ini. Petugas api unggun kumpul tersendiri dari peserta PTA. Dengan membawa obor api yang menyala, para petugas mengucapkan Dasa Darma Pramuka. Apel malam ini tidak berjalan begitu hikmad. Hal ini dikarenakan banyaknya si nyamuk yang mengganggu kami. Api unggun menyala setelah pengucapan Dasa Darma Pramuka.
Setelah apel malam yang disertai penyalaan api unggun selesai, acara dilanjutkan dengan Pensi. Pensi malam ini lumayan meriah.
Sekitar pukul 02.00 WIB, peluit terdengar di telinga kami begitu melengking. Bergegaslah kami, memakai seragam pramuka lengkap dengan atribut. Dengan berlari , kami menuju lapangan. Nah.., di sinilah kami dituntut untuk siap siaga dalam waktu apapun. Banyak peserta PTA yang telambat. Adapun yang tidak memakai atribut lengkap, pastinya mereka akan mendapat hukuman. Sebagai hukumannya mereka harus merangkak dan berjaan seperti kodok. Hufft… pasti cuapek banget. Salah sendiri pada telat , hhehe….. Meskipun para peserta PTA yang lain tidak mendapat hukuman tapi kami tetep saja dapat teguran dari kakak-kakak Bantara yang jengkel pada tingkah kami yang susah diatur. Sampai-sampai pada saat renungan malam , sebagian dari kami banyak terisak , tapi ada juga yang ketiduran.
Usai renungan malam, maka dilanjutkan dengan cari jejak. Ada 6 pos yang tersebar dilingkungan SMA N 1 Juwana yang harus kami lalui. Pos 1 adalah rumah adat, di sana terdapat foto R.A Kartini dan P.Diponegoro sebagai tokoh pramuka ambalan di SMA N 1 Juwana. Dari Pos 1, kami setiap sangga hanya dibekali 2 lilin kecil, pos 2, pos 3, pos 4, pos 5, pos 6 telah kami lalui. Jam 04.00 WIB tepat , kami selesai di Pos terakir. Dan kami diperbolehkan untuk kembali dikelas untuk beristirahat.
Akhirnya, apel penutupan pun dimulai. Pembina apel penutupan adalah Kak Nur. Pembina menyampaikan beberapa bekal kepada peserta. Acara selanjutnya adalah pelantikan menjadi Pramuka Penegak. Prosesi siraman dimulai dari sangga putra dan disusul oleh sangga putri. Kepala kamipun baunya kembang 7 rupa. Setelah prosesi siraman usai, peserta pun pulang menuju rumah kami masing-masing.
Kegiatan PTA ini diselenggarakan dengan tujuan melatih kedewasaan  diri, kebersamaan, menghargai teman baru, dan mengenal watak, kepribadian baru,  serta perpindahan dari golongan pramuka Penggalang ke golongan pramuka Penegak. (#)