Home

Jumat, 03 Februari 2012

PELATIHAN JURNALISTIK

Liputan
Belajar Jurnalistik Itu …. Menyenangkan


Jurnalistik adalah ilmu yang fungsinya memberikan berita atau informasi yang akurat kepada khalayak secara sistematis. Dengan tujuan mendapatkan pemahaman dan makna tulisan yang dimaksud, tulisan disajikan semenarik mungkin. Bila perlu disertai bukti gambar atau alat bukti yang lain.
Pada hari Rabu, 2 Febuari 2011 pukul 07.00 WIB SMA Negeri 1 Juwana mengirim dua delegasinya yaitu Muharram (XI IPS 5) dan Ida (X.2) untuk mengikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Kekuarga Mahasiswa dan Pelajar Pati (KMPP) Cabang Semarang di Pendopo Kabupaten Pati, tepatnya di ruang Pragloa. Peserta pelatihan adalah seluruh delegasi SMA/SMK/MA se-Kabupaten Pati. Acara tersebut bertujuan meningkatkan bakat dan minat siswa dalam dunia jurnalistik. Acara diawali dengan perkenalan dari masing masing peserta yang dipandu oleh Susi Susanti. Sejak awal acara pelatihan sudah terlihat sangat menarik. Pada pukul 09.00 WIB acara pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara kedua adalah sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Bupati Pati. Karena beliau berhalangan hadir, digantikan oleh wakil bupati, Ibu Inna. Setelah itu sambutan ketua panitia dan ketua umum  KMPP.
Pukul 10.00 acara inti dimulai. Pemberian materi pertama dipandu oleh Sri Haryati dan Romdhoni (seorang jurnalis profesional) materinya tentang mengapa kita harus menulis, motivasi menulis, dan teknik persiapan wawancara. Materi kedua yaitu tentang desain grafis yang dijelaskan oleh Amin Fatah. Dia menjelaskan tentang pendisaineran sebuah majalah  secara detail mulai dari cover, warna, ukuran, huruf, jenis kertas, dan line spacing, serta cara pemotongan tulisan jika itu tidak memungkinkan untuk masuk percetakan  sebuah majalah berdasarkan jenis dan bentuk majalah. Materi ketiga yaitu dunia sastra, yang bertema merdeka bersastra dengan bersastra kita merdeka oleh Lina yang diawali dengan pembacaan puisi yang sangat indah. Puisi ini sesuai dengn makna sastra itu sendiri ”Indah”. Ketika kita membaca puisi bagaikan memasuki rumah seseorang yang belum kita kenal!. Sekitar pukul 12.00 WIB acaranya adalah istirahat, kami diberi waktu 30 menit untuk merelaksasikan pikiran sholah Dzuhur, dan makan siang. Materi selanjutnya terakhir yaitu tentang keredaksian yang dibimbing oleh Muh. Syakur. Kami diajarkan tentang teknik keredaksian  antara lain teknik rapat redaksi, agenda rapat redaksi,  serta proposal pembuatan majalah.
Acara terkhir pada pelatihan tersebut adalah materi aplikasi, yaitu pembuatan majalah bayangan, SMA Negeri 1 Juwana berkelompok dengan SMA PGRI 1 Tayu, dalam waktu 30 menit membuat majalah bayangan dengan rubrik yang telah ditentukan.
Sahabat ANTENA… kembangkan bakat dan minat Anda untuk berkreasi dalam bentuk tulisan.(#)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar