Home

Senin, 20 Mei 2013

E4 KANTIN KEJUJURAN SMA NEGERI 1 JUWANA


Kantin kejujuran merupakan laboratorium PKN, dengan didelegasikan beberapa perwakilan dari Bapak/Ibu Guru serta perwakilan dari anggota OSIS. Kanti kejujuran didirikan pada tahun 2011.
Kantin Kejujuran didirikan dengan tujuan untuk melatih kebiasaan siswa untuk berlaku jujur. Kantin ini dikelola oleh siswa yang tergabung dalam anggota OSIS. SMANegeri 1 Juwana yang dibantu oleh Bapak/Ibu Guru. Kantin Kejujuran terletak didekat Mushola dan Ruang Guru. Kantin Kejujuran cukup berpengaruh terhadap kejujuran siswa. Hal ini dikarenakan di dalam kantin ini kita dituntut untuk menjadi pembeli sekaligus kasir, yang membayar dan mengambil kembalian sendiri. Jadi diperluan kejujuran yang besar dalam hal ini.
Pada Awal tahun 2012, Kantin Kejujuran di pindah. Kantin yang semula di dekat mushola dipindah di dekat kelas X-5. Pindahnya kantin kejujuran sangat didukung oleh siswa kelas X, akan tetapi dampak dari pindahnya kantin ini cukup besar, kantin yang semula ramai sekarang menjadi sepi karena hanya kelas X saja yang menggunakan fasilitasnya. Tak kalah besarnya dampak dari pindahnya kantin kejujuran ini juga sangat dirasakan oleh siswa kelas X, kantin yang semula jauh sekarang menjadi dekat, dan tak usah membuang banyak waktu untuk berjalan membeli makanan pada saat jam istirahat.
Salah satu alasan dari pindahnya kantin kejujuran ini adalah untuk menyukseskan program siswa tidak diperbolehkan membeli makanan di luar lingkungan sekolah pada saat jam istirahat. Hal ini sangat didukung  oleh para guru, dengan alasan jika siswa membeli makan di lingkungan sekolah akan meminimalkan usaha siswa untuk membolos pada saat jam istirahat. Selain itu jika kantin dekat siswa tak perlu banyak membuang waktu untuk membeli makanan dan siswa juga bisa menyisihkan sisa waktunya untuk belajar atau membaca.[RED]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar