Home

Rabu, 14 Desember 2011


E.K.S.K.U.L
Ekskul Jurnalistik, Seru

 Ektrakulikuler  yang diselenggarakan sekolah untuk menampung bakat dan minat siswa. Di antaranya  ekskul basket, KIR (Karya Ilmiah Remaja), PA (Pecinta Alam), tari,  taekwondo dan eksul jurnalistik. Nah, inilah alasan ditampilkan rubrik EKSKUL. Yaitu ingin memperkenalkan satu demi satu ekskul Smanju di setiap edisi ANTENA.

Sebagai pembuka, ekskul yang akan dikupas pada ANTENA edisi ketiga adalah ekskul jurnalistik. Kenapa? Karena dengan adanya ekskul ini, majalah ANTENA bisa terbit hingga edisi ke-3 dan semoga sukses seterusnya.

Latar belakang
Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus memberikan informasi yang dapat bertujuan menciptakan generasi muda (siswa) yang berwawasan luas, kritis, dan kreatif. Informasi tidak hanya diperoleh siswa melalui proses pembelajaran tetapi juga melalui media lain misalnya media cetak maupun media elektronik. Sarana informasi di Smanju di antaranya adalah mading dan majalah sekolah. Selain itu, pada dasarnya siswa dituntut tidak hanya memiliki kemampuan akademik, tetapi juga kemampuan nonakademik.  Kemampuan nonakademik berupa pengembangan diri siswa dapat ditempuh dengan kegiatan ekskul. Salah satunya kegiatan ekskul yang diberikan Smanju adalah ekskul jurnalistik.  

Apa sih, Ekskul Jurnalistik itu?
Hemm..., ekskul jurnal (sebutan anak-anak jurnalistik) merupakan wahana untuk menampung kreativitas menulis siswa Smanju dan untuk menumbuhkan motivasi siswa agar amenuangkan ide maupun gagasannya melalui tulisan baik fiksi, nonfiksi, ilmiah, maupun non ilmiah. Di sini adalah tempat yang tepat buat kita yang hobi menulis, atau tertarik dengan dunia jurnalistik. Kerena di sini nanti kita bisa belajar, berlatih, dan mempraktikannya langsung… tuh, seru banget kan!

Berawal dari Iseng
            Ketika itu, tepatnya Januari 2004,  Smanju iseng mengikuti lomba mading se-eks karesidenan Pati yang diadakan di Kudus. Ternyata berhasil meraih juara keempat dari 40 peserta yang ikut. Inilah yang menjadi awal terbentuknya ekskul jurnalistik. Ups … waktu itu belum sampai terbentuk ekskul jurnalistik, tapi masih berupa ekskul mading. Itu pun masih bergabung dalam ekskul KIR. Nah baru pada awal tahun 2007, ekskul jurnalistik dibentuk dan disahkan sebagai salah satu ekskul di Smanju hingga sekarang. Dan makin seru lohh... Di pembukaan periode 2010/2011 saja pesertanya mencapai tigapuluhan yang gabung. Setiap anggotanya memiliki pin sebagai simbol keanggotaan dan id card  serta rompi jurnalistik yang digunakan sewaktu meliput.

Kegiatan Ekskul Jurnalistik
            Wah, banyak banget... Mulai dari pemberian materi jurnalistik, praktik peliputan, wawancara, mengisi mading tiap bulannya, dan menjadi tim inti dalam penerbitan majalah sekolah. Buat siswa yang tergabung dalam ekskul Jurnalistik bisa punya banyak keistimewaan, misalnya berkesempatan diikutkan dalam seminar maupun pelatihan jurnalistik di luar sekolah dan berkesempatan pula untuk hadir (meliput) even-even penting di sekolah.
            Belakangan Ekskul Jurnalistik berhasil meraih Juara II Lomba Mading TAX for STUDENT yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pajak Kanwil (DJP) Jateng I KPP Pratama Pati. Itu semakin mengukuhkan ekskul Jurnalistik di Smanju dan membuktikan bahwa ekskul Jurnalistik Smanju mampu bersaing dengan ekskul jurnalistik di sekolah lain.
            Gimana? Asyik, kan kedengaranya… Dan tentu tidak hanya kedengarannya loh… Untuk membuktikan, silakan gabung ke ekskul Jurnalistik ! Duh, jadi promosi, hehe... sekian dulu ya, pembahasan kita. Sampai jumpa pada pembahasan ekskul-ekskul berikutnya…   (#)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar